Blog

March 8, 2019

DARI TN GUNUNG PALUNG UNTUK INDONESIA BERSIH SAMPAH

KETAPANG, 4 MARET 2019 – Sampah merupakan permasalahan lingkungan hidup yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia dan dunia. Dampak negatif sampah tidak hanya merusak kesehatan, tetapi juga merusak lingkungan. Dalam upaya menangani sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menetapkan tanggal 21 februari sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap tanggal 21 Februari sejak tahun 2006 dengan motivasi lebih baik dalam mengelola sampah sebagai upaya melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia. HPSN tahun ini bertema “Kelola Sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai” dengan target “Pengelolaan sampah yang ingin dicapai 100% sampah terkelola dengan baik dan benar, pada 2025 Indonesia bersih sampah”.

Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, Balai TN Gunung Palung melaksanakan kegiatan aksi bersih sampah. Kegiatan berlangsung  pukul 07.30 di Objek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Gunung Peramas, Kab. Kayong Utara bersama dengan pemerintah daerah Kayong Utara, Polsek Kayong Utara, Yayasan ASRI, Yayasan Palung, NGO, Fauna & Flora International Indonesia Programme (FFI), Tropenbos Indonesia, Sindikat, siswa-siswi Sispala SMA di Kabupaten Kayong Utara dengan jumlah peserta lebih kurang 120 orang, kegiatan aksi bersih sampah berjalan dengan lancar.

Bapak M. Ari Wibawanto, Kepala Balai TN Gunung Palung berterimakasih kepada semua pihak yang telah bergabung bersama TNGP dalam aksi bersih sampah pada 4 Maret 2019 “ Setiap tanggal 4 Maret merupakan kegiatan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjadi hari kegiatan fisik di seluruh kawasan konservasi di Indonesia, yaitu kegiatan pembersihan sampah di kawasan konservasi taman nasional. Diharapkan kegiatan ini menjadi suatu budaya bagi kita semua sebagai warga negara Indonesia”.

Kegiatan aksi bersih sampah pada tanggal 4 Maret 2019 dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 berhasil mengumpulkan 95.5 kg sampah yang didominasi oleh sampah plastik. Semoga dengan adanya kegiatan tahunan ini semakin banyak masyarakat yang peduli akan kebersihan lingkungan demi menciptakan Indonesia bersih sampah 2025.

berita
About Endro Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *