makan Gusti Panji / foto by Dicko Rosanda

Obyek wisata situs budaya peninggalan Kerajaan Matan berupa makam keramat ini terletak berbatasan dengan kawasan TNGP disebelah utara yang termasuk dalam wilayah Sub DAS Matan dengan titik koordinat S 010 03’ 258” E 1100 06’ 396”.

Secara administratif termasuk dalam wilayah kecamatan Simpang Hilir Utara, sementara menurut administratif pengelolaan termasuk wilayah Seksi Konservasi Wilayah II Teluk Melano. Kawasan ini dapat dicapai dengan menggunakan speedboat dari Teluk Melano (± 60 menit).

Di sekitar obyek wisata ini memiliki tipe ekosistem hutan rawa, terdiri dari vegetasi rheophyte yang merupakan habitat bagi berbagai jenis primata antara lain Bekantan (Nasalis larvatus), Lutung kelabu (Presbytis femoralis) dan Kera ekor panjang (Macaca fascicularis), juga berbagai jenis burung.

Makam keramat yang terdapat di kawasan inidipercaya masyarakat Ketapang sebagai makam salah seorang tokoh penyebar agama islam di Kalimantan Barat yaitu Raden Panji.

Bentuk wisata yang dapat dilakukan di kawasan ini adalah foto hunting, wisata ziarah, pengamatan flora dan fauna. Sarana yang telah ada yaitu steher, jalan trail menuju makam.