Objek wisata air terjun riam Berasap tidak jauh dari Desa Laman Satong yang mempunyai dusun: Dusun Manjau, Dusun Kepayang dan Dusun Nek doyan. Keadaan sosial ekonomi masyarakat di sekitar Jalur menuju air terjun Riam Berasap sangat berpotensi menjadi objek wisata penunjang yang akan menarik wisatawan.

Mayoritas penduduk di dusun-dusun Desa Laman Satong mayoritas adalah suku Dayak yang mempunyai adat istiadat yang unik seperti tari-tarian untuk menyambut tamu, upacara adat, hukum adat, Upacara-upacara adat kematian, perkawinan, maupun peribadatan. Ritual Adat Nyelepit Taun’t (Nyapat Taun’t) selalu diselenggarakan oleh masyarakat di Dusun Manjau, Desa Laman Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara , Kabupaten Ketapang.

Adat ini merupakan kebiasaan rutin yang dilakukan oleh seluruh masyarakat saat mereka memulai dan mengakhiri masa panen mereka. Acara ini mereka lakukan sebagai ungkapan syukur atas hasil panen mereka. Upacara ini menjadi sebuah kewajiban bagi mereka untuk mereka laksanakan.

Bagi mereka adat dan tradisi menjadi satu kesatuan dalam hidup mereka terlebih hutan dan segalanya karena hutan bagi mereka sumber hidup yang harus di jaga dan dihormati. Hutan sebagai jiwa dan nafas sekaligus sebagai ibu tentunya sangat beralasan sekali, mengingat tradisi dan kebiasaan masyarakat masih ingat akan nilai-nilai luhur
penghargaan terhadap alam dan lingkungan di mana mereka tinggal atau berdiam.

Selain itu, bagi masyarakat yang tinggal di sekitar hutan menyebutkan hidup dan nafas mereka sangat tergantung dari keberadaan hutan.